Sunday, 27 March 2016

Dari main - main menjadi serius

Banyak dari kita yang memulai melakukan sesuatu cuman sekedar suka atau penasaran. Pokoknya enjoy saja melakukan satu hal, walau mungkin awalnya menemui kesalahan dan kesulitan namun kita tetap bertahan untuk tenggelam lebih dalam lagi di situ.

Tak sedikit yang mengalami hal ini bukan. Dari yang awalnya susah dan perlu pembiasaan, jadi lebih terbiasa dan belajar lebih banyak hal tentang yang digeluti itu, akhirnya jatuh cinta dan tak mau lepas.

Mau ngomongin apa sih ini?

Hehehe... lama sekali tidak update blog ini, kali ini saya akan mengajak kamu untuk melongok masa lalu saya. Coba kamu lihat blog ini memiliki artikel pertama kali kapan?

Sudah ama banget pastinya. Sudah 8 tahun yang lalu. Dan posting itu menandai awalnya saya mulai mengenal dengan yang namanya template website (blogger tepatnya), mulai tahu kalau yang dilihat orang saat browsing itu disusun oleh script - script yang sama sekali tidak karuan dan nggak bisa dibaca layaknya sebuah novel atau cerpen.

Yah, walaupun perjalanan saya mengenal blogging dan menulis di internet dimulai dari blog yang ini, tapi untuk yang namanya belajar coding dan rasa ingin tahu tentang membuat website itu di awali dari berkenalan dengan blogger.com melalui blog ini.

Dari berkenalan dengan blog ini sedikit banyak pengetahuan tentang HTML, CSS dan berbagai hal lainnya bertambah.

Dari saat itu pula sudah tak terhitung berapa kali saya memutuskan untuk membuat sebuah blog dengan domain sendiri. Yah, meski tak ada satu pun yang custom domain blogger.

Saya lebih senang memakai WordPress karena template yang lebih bersih, struktur templating yang sangat fleksible dan masih di dukung dengan adanya plugins untuk menambahkan berbagai kemampuan tak terbayangkan dari sebuah blog yang saya ketahui sebelumnya.

Tak pernah kita tahu dimana akhirnya kegemaran kita

Dari sekedar kegemaran/hobby, saya makin suka menulis di blog saya yang terbaru setelah blog pertama itu. Sebuah blog dengan WordPress self hosted yang saya buat di awal tahun 2010, sekitar 3 tahun setelah saya mengenal blog pertama tadi yang sudah berisikan 192 artikel saat itu.

Blog baru ini sekarang sudah berisikan 260 artikel lebih, dengan berbagai topik yang saya anggap menarik.

Dari blog baru itu saya mulai belajar menghasilkan uang dari Internet. Walau tidak sebegitu besar seperti para master yang sering bersliweran statusnya di timeline facebook saya, tapi saya merasa bersyukur sekali bisa memperoleh pengalaman yang kebanyakan orang bahkan tidak memiliki gagasan kalau menghasilkan uang dari blog itu mungkin.

Bukan blog satu - satunya sih yang saya jadikan ladang mencari uang tambahan, bahkan ada blog berbahasa Inggris yang saya kelola juga. Dengan pengunjung yang tidak seberapa, justru kadang dollar yang dihasilkan membuat saya berdecak.

Next stage


Selapasnya ada beberapa blog lagi yang saya bangun. Nampaknya saya sudah kecanduan dengan yang namanya ternak blog, hehehe...

Sampai akhirnya saya berada di tempat ini, dimana saya putuskan untuk mendirikan jasa pembuatan website.

Nama website itu SragenWeb.com atau dikenal sebagai Jasa Pembuatan Website Sragen, karena saya ingin fokus dengan calon pelanggan di daerah saya.

SragenWeb.com menkhususkan pengerjaan website klien dengan menggunakan WordPress, karena saya sangat yakin dengan pengalaman saya sebelumnya, WordPress adalah platform terbaik untuk membuat website.

Selain pembuatan website, jasa saya ini juga menawarkan jasa untuk optimasi SEO dan juga copywriting.