Friday, 15 June 2007

Seberapa Bergunakah Apa Yang Kita Tulis ?

Nah kalo yang di WP bicara tentang kelompok blogger berdasarkan apa yang mereka tulis. Di sini aku mau nulis dikit tentang kelompok tulisan itu sendiri, berbagai jenis dari tulisan itu dan seberapakah kira-kira manfaatnya. Tentu saja apa yang kita tulis itu tergantung dari apa yang kita mau dan seberapa semangatnya kita dalam menulis.

Langsung yah. Aku coba tulis nih beberapa macam tulisan yang kita tulis.
  • Tulisan curhat,
Tulisan macam ini memang yang paling banyak kita dapatkan dalam dunia ngeblog ini, memang mungkin tujuan awal dari seseorang untuk ngeblog itu pada awalnya adalah untuk berbagi. Jadinya wajar saja jika akhirnya banyak tulsan dalam blog yang berisikan aktifitas keseharian, semacam catatan harian lah. Mirip dengan berbagai posting awal dalam blog ini. Taapi btw, tulisan macam ini seberapa bermanfaat sih ? Bermanfaat lah, minim buat diri sendiri sebagai tempat untuk mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran kita. Dengan berbagi khan bisa mengurangi beban dalam pikiran kita, bisa ngindarin stress. Tapi kok cuma buat diri sendiri yah, egois.
  • Tulisan informasi
Kalau yang ini menurutku lebih baik, karena bisa memberikan suatu hal baru kepada temen-temen, terutama mengenai hal-hal baru yang yang lagi in. Untuk tahu kabar baru khan penting biar ngga' dianggap kuper and ngga' jaman. Biasanya tulisan seperti ini ban6yak juga yang baca, karena bisa mempe rluas pengetahuan tentang hal-hal baru. Halah... udah dulu ah untuk point yang ini jadi muter-muter kayak obat nyamuk aja nih.
  • Tulisan Berilmu
Nah yang ini baru siip, bisa memperluas cakrawala *bahasanya ketinggian nih * membuat suatu pengembangan diri bagi para pembacanya. Biasanya tulisan-tulisan sepert ini berisi tentang berbagai pengetahuan umum yang sudah jarang ada perubahannya semacam sejarah hasil karya sastra, novel ataupun yang lainnya lagi. Bisa juga berupa artikel tentang review berbagai penemuan baru para pakar.

Sementara udah dulu yah posting ini serasa terlalu dipaksakan nih, aku jadi binun sendiri. Intinya aku cuma ngajak untuk bertanya seberapa pentingkah tulisan yang telah kita buat itu demi orang lain ? Meski tulisanku sendiri kadang juga ngga' bagus-bagus amat seh.



Tuesday, 12 June 2007

Photoshop

Yah hari demi hari selalu belajar. Walaupun entah yang dipelajari itu apa. Tapi yang jelas belajar saat ini jauh lebih enak daripada belajar waktu sekolah dulu. Waktu sekolah sama sekali nga' pernah belajar, buka-buka buku waktu malem hari, paling juga baca apa aja yang dimaui dan disenengi klo nga' ya tidur atau ngelayap entah kemana. Tapi masalah nilai selalu bagus kok. Lho kok bisa ? Bisa donk, khan klo mau test itu belajarnya semaleman, ambil point pentingnya, dalam bis ke sekolah review sebentar lagi sampe ruang test masih keinget deh tuh.

Halah kok ngelanturnya jauh gini sih. Sory nih terpengaruh kondisi sekitar nih, anak-anak sekolah lagi pada test. Oke langsung saja kembali ke belajar tadi ya. Udah beberapa hari ini aku jarang-jarang blogwalking onlen sih onlen, tapi males klo onlen cuma komen dhoank. Akhirnya mencari yang baru, sesuatu yang bisa di pelajari dari Internet. Karena nga' sengaja mengetikkan kata 'web template' sebagai kata kunci pencarian untuk segera dilaksanakan oleh mBah Google akhirnya munculah berbagai situs yang memunculkan berbagai koleksi template mereka. Baik yang gratis ato pula yang berbayar yang buat site ataupula blog.

Halah ngelantur lagi nih. Ah engga' cerita belum selesai kok sudah di adili sih. Gini akhirnya masuk salah satu situs yang akhirnya lagi masuk kesebuah situs yang memberikan ilmu banyak banget tentang web design. Ada yang berisi tentang trik dan tips promosi blog, teori dasar pewarnaan tutoral html, css, php Photoshop, bahkan tutorial 3D obyek. Masih banyak lagi deh. Nah satu yang paling aku seneng untuk ngikutin dan buka-buka halamannya itu adalah yang tetnatng Photoshop itu tadi. Meskipun yang lain juga ada hasrat ingin belajar. Walah semangat banget yah maruk beda sama waktu sekolah dulu.

Dalam website itu enak banget dah, kumpulan tutorialnya dari berbagai sumber. Beraneka macam lagi, mulai dari sekedar teks, effect, membuat icon, hingga yang pake' animasinya ImageReady pula. Yang buat aku penasaran itu tutorial yang ini yang mustinya hasilnya kaya' gini. Tapi punyaku yang pertamakali hasilnya malah seperti ini. Lucu ya. Setelah belajar, mencoba dan belajar algi ternyata anggapanku selama ini itu salah. Dulu aku kira Photoshop itu sulit banget Nga' taunya setelah dipelajari asyik dan nyenengin loh. POKOKNYA ™ belajat terus dah. Klo mau liat hasil belajarku yang lain, salah satunya sekarang aku pake' di blog yang ada di wordpress, sebagai header dan link untuk kesini. Eh Photoshop itu ngyenengin loh. Eh ada lagi back ground blog ini juga.

Friday, 8 June 2007

2010

Ada apa dengan 2010 ? Mengapa saya jadikan judul posting ini ? Halah... banyak tanya cepet kek buruan nulis ! Oke gini, aku tadi habis blogwalkging bentar di wilayah tetangga. Ada satu posting yang sedikit membuat saya jadi berpikir. Posting tentang keadaan bangsa ini, bagaimana dengan keadaan bangsa ini menghadapai era globalisasi yang kan semakin terbuka pada tahun itu.

Posting itu berisi tentang keadaan negara ini dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi 2010. Terutama dari sektor pendidikan. Kayaknya sebagian besar pendidikan di negeri ini memang benar belum dapat mnyiapkan generasi muda yang siap tempur dalam persaingan nanti ya ? Sebagian besar penduduk Indonesia pendidikan terakhirnya adalah SMA akan tetapi apakah ada SMA yang berbasiskan pada kompetensi untuk hari ini ? Aku rasa nga' deh, yang sedikit lebih mengutamakan kompetensi mungkin baru SMK. Dalam keadaan tak ada yang dapat diandalakan seperti itupun bangsa ini masih adem ayem saja, berbeda dengan Jepang yang mulai panik melihat perkembangan ekonomi China yang semakin membaik saja.

" Bahkan bangsa ini seolah pura-pura buta ". Yang aku kutib itu salah satu inti yang ia tulis. Memeng klo diliat untuk para pemimpin negeri ini mereka seolah kurang bisa berbuat sigap dalam mempersiapkan anak bangsa untuk menghadapi kompetisi ini. Itu klo diliat dari persiapan generasi yang akan datang. Klo diliat dari para orang tua khususnya yang hidup di desa mereka bahkan nga' tau sama sekali tentang perlombaan mempertahankan hidup seperti ini. Siapa yang salah ? Pemerintahkah ? Saya rasa tidak sepenuhnya, saya turut merasa bersalah karena saya pernah tau tapi juga tak memperhatikannya apalagi memberi tahu orang lain di desa yang lebih nga' tau.

Trus lagi postingan temen itu bilang klo kita para blogger itu mestinya memunculkan postingan yang lebih serius karena posting lkita itu merupakan gambaram kompetensi kita yang kita perlukan dalam persaingan. Uh maksa, sebagian besar blogger untuk saat ini khan hanya berkutat pada menulis keseharian [termasuk saya] jadi klo saya dipaksa untuk menjadi orang yang sok ahli, kayaknya malah akan ambah runyam deh suasananya. Orang nga' ahli sok ahli paling cuma akan memunculkan pertentangan pikiran dan debat kusir belaka yang tak ada akhirnya. Bukankah demikian itu malah merusak citra.

Posting apa lagi ini sejak kemaren nga' disono nga' disini pasti isinyan nga' jelas gini.

Tuesday, 5 June 2007

Sebulan Sudah ™

Tak terasa sudah sebulan ngurus blog ini dengan tanpa rasa sungguh-sungguh dan tanggung jawab. Waktuku habis dan lebih banyak tersita untuk ngurus yang di WP sampe' ngurus yang ini cuma bagaikan sampingan belaka.

Dalam waktu yang sebulan ini setelah aku hitung-hitung ternyata aku banyak mendzalimi blog ini. Satu kata yang ingin aku katakan "Maafkan Aku hei Blog-ku '. Jika aku ada waktu dan kemauan aku berjanji akan merawatmu dengan lebih baik lagi. Semoga !

Rubah Api, Hebat, Gampang n' Nyenegin

Waduh kemaren sempet dag-dig-dug gara gara saat mau nyoba belajar pake' Flock, Si Rubah Api aku hapus tapi Flocknya nga' diInstall dulu alhasil data pribadi yang udah tertata dengan rapinya dalama Rubah itu nga' diImpor si Flock. Susah nih, musti inget-inget lagi username n' password yang aku punya dari berbagai web.

Setelah dipikir-pikir ternyata hampir sama. Antara Si Flock sama Rubah Api, beda dikit n' ada fitur tambahan, itu aja. Nambah gede nih nyeselnya, kenapa kemaren buru-buru ngapus Si Rubah kesayangan yang udah ikut mengabdi kepadaku selama berbulan-bulan. Udah nganter kemana aja aku mau. Dan akhir dri perasaan tidak senang akan hal tersebut akhirnya andalan yang tiap hari dilakuin buat ngebalikin tuh Rubah sama semua datanya dikeluarin. Yap, System Restore. Otak-atik, mikir dikit, mau dikembaliin ketanggal berapa ya ?

Walah ! Setelah diliat kok nga' ada restore point yang pas sesuai selera ya ? Adanya cuma hari ini, trus yang kemaren kayaknya kejauhan, di hari sabtu. Nga' pa-pa deh coba dulu. Akhirnya dengan senjata andalan yang agak ampuh itu *nga' ampuh nih sama virus baru Tiara.A.msg nga' bisa berkutik lho* dalam waktu tak lebih dari 15 menit kompi ini udah pulang ke muka awalnya pada hari Sabtu lalu. Adh selesai muterin settingan ke hari Sabtu, liat-liat apa yang terjadi sekarang ya ?

Lho ? Walah klo kayak gini sih nga' lebih baik masa' demi data pribadi itu harus kehilangan Avast yang aku Insta;ll minggu lalu ? Wuih, bisa bangkit lagi tuh Virus dari kandangnya. Setelah melihat ada apa dengan hari Sabtu, terbitlah keputusan ' Undo the Restoration I did ' Kembali deh dalam 15 menit kedepan kompi ini melompat lagi jadi ke settingan yang ada dalam 72 jam di depannya.

Trus gimana donk dengan tuh data pribadi yang terlanjur menguap entah kemana. Ikhlasin aja deh, gitu awalnya. Tapi penasaran dan rindu juga untuk kembali make' Si Rubah Api. Install lagi ahhh. Rampung Install, dengan Checkbox Run the Firefox now tercentang langsung deh klik Finish. What the hell, lho kok homepagenya masih yang dulu, kok nga' pake Firefox Start ato apalh itu ? Ada apa ini ?

Coba deh chek semua settingannya si Rubah, Oh yes ternyata semua settingan masih ada. Lengkap nga' berubah. Coba check lagi ah bagaimana dengan History ? Alhamdulillah, they were back. Nga' data pribadi yang udah kesimpen di tubuhnya si Rubah yang ilang.

Pokoke™ salut deh sama Si Rubah, udah setia, baik hati, sabar lagi walau udah dibuang entah kemana dataku masih aja dibawa-bawa. Gimana, mau pake' yang lain ? Boleh kok, nga' maksa.

Liat lagi ke atas. Lho kok panjang banget nih cerita nganturnya ? Bisa bermanfaat nga' ya ? Semoga aja deh.