Tuesday, 28 August 2007

Change Your Look

Yup, kembali lagi setelah kemaren jarang OL, sebenernya sih bisa, tapi ada keasyikan lain tersendiri. Kutak-katik template, akhirnya sekarang nyempetin diri untuk nulis apa aja deh, buat ngisi nih blog.

Mungkin anda agak sedikit bosan juga dengan template blogger yang hanya sedikit dan kurang ada greget walaupun memang bisa kita utak-atik semau kita sih. Tapi khan terbatas, untuk buat sendiri khan kalo kita bukan orang yang tau benar dengan tag html khan sulit juga. Ribet dan pastinya bikin kita pusing. Akhirnya pasrah deh sama rupa yang ada saja.

Nah, dari pada cuman pasrah edngan template yang disuguhkan blogger, sebenarnya kita bisa lho buat sendiri template dengan sedikit lebih enak. Kita nggak perlu loh buat banyak file untuk membuatnya cukup satu file html yang ada css-nya saja maka template kita sudah jadi :) . Caranya ? Gampang, langsung masuk dashboard, pilih edit html, kita rivert saja template kita ke model old template, trus hapus deh semua kodenya. Trus ganti dengan file css yang telah kita buat tadi.

Tapi hati-hati, kalo kita langsung main ganti saja seperti itu, nanti kita akan kehilangan pernak-pernik yang sudah kita pasang di sidebar, soalnya kala makai classic template itu semua isi sidebarnya diisi sendiri *emang yang modern ada yang ngisiin ?* Bkan gitu, classic template nggak bisa ngasih isi sidebar dengan tinggal narik bagian-bagian mana yang kita mau. Nggak ada fitur untuk itu, so, kita harus ngisinya dari mengganti file html yang kita masukkan itu. Agak ribet juga sih.

Tapi enak, template kita bisa terlihat 'beda' dari pada template yang dipasang orang-orang. Bisa keliatan 'eren' khan :).

Sekian dulu ah, posting pelepas kepenatan utak-atik script. Dibaca ya :)