Sunday, 15 July 2007

Ngeblog Masuk Neraka

Masih seputaran yang kemarin, tentang banyaknya fasilitas gratisan yang aku manfaatkan tanpa kira-kira. Dan tanpa tata krama pula tentunya. Yang aku gunakan semauku tanpa mau melihat ke depan dulu, mampukah aku mengelolanya, dapatkah aku menjadi seorang perawat blog yang baik. Dan nyatanya semua aku hanya menyia-nyiakan mereka saja. Banyak yang tidak aku rawat, urus dan perhatikan. Dan semua hanya terkesan mencari enaknya saja dengan dalih belajar.

Dihitung dari besarnya space harddisk yang mereka keluarkan untuk diriku yang tidak bertanggung jawab ini sesungguhnya aku akan menjadi orang yang sangat bersalah dan banyak dosa. Kalau mau sekilas menghitung saja, dua di wp, satu di sini, dan dua lagi yang di googlepages semua totalnya sudah 600 Mb. Untuk membeli ruang simpan segitu saja kita sudah harus mengorbankan dana sekitar 100 ribu. Tapi nyatanya ngeblognya nggak sungguh-sungguh. Kurang tanggung jawab.

Itu baru yag untuk blog, belum lagi e-mailnya yang poaling dipakai untuk millist yang jarang-jarang dibuka dan dibaca serta dipelajari dengan bener isinya. Dua di gmail tambah pokoke sudah hampir delapan Gb. Dua di Yahoo ! sudah dua Gb. Tambahan Plasa 10 Mb. Semua digunakan tanpa rasa tanggung jawab yang kuat !

Apakah ini bukan kedzaliman ? Bukan sesuatu yang menyia-nyiakan. Dan jika semua blogger seperti saya apakah semua blogger tidak berdosa dengan yang seperti ini ? Mari, pompa semangat dalam berkarya agar tidak masuk neraka karena ngeblog !