Friday, 15 June 2007

Seberapa Bergunakah Apa Yang Kita Tulis ?

Nah kalo yang di WP bicara tentang kelompok blogger berdasarkan apa yang mereka tulis. Di sini aku mau nulis dikit tentang kelompok tulisan itu sendiri, berbagai jenis dari tulisan itu dan seberapakah kira-kira manfaatnya. Tentu saja apa yang kita tulis itu tergantung dari apa yang kita mau dan seberapa semangatnya kita dalam menulis.

Langsung yah. Aku coba tulis nih beberapa macam tulisan yang kita tulis.
  • Tulisan curhat,
Tulisan macam ini memang yang paling banyak kita dapatkan dalam dunia ngeblog ini, memang mungkin tujuan awal dari seseorang untuk ngeblog itu pada awalnya adalah untuk berbagi. Jadinya wajar saja jika akhirnya banyak tulsan dalam blog yang berisikan aktifitas keseharian, semacam catatan harian lah. Mirip dengan berbagai posting awal dalam blog ini. Taapi btw, tulisan macam ini seberapa bermanfaat sih ? Bermanfaat lah, minim buat diri sendiri sebagai tempat untuk mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran kita. Dengan berbagi khan bisa mengurangi beban dalam pikiran kita, bisa ngindarin stress. Tapi kok cuma buat diri sendiri yah, egois.
  • Tulisan informasi
Kalau yang ini menurutku lebih baik, karena bisa memberikan suatu hal baru kepada temen-temen, terutama mengenai hal-hal baru yang yang lagi in. Untuk tahu kabar baru khan penting biar ngga' dianggap kuper and ngga' jaman. Biasanya tulisan seperti ini ban6yak juga yang baca, karena bisa mempe rluas pengetahuan tentang hal-hal baru. Halah... udah dulu ah untuk point yang ini jadi muter-muter kayak obat nyamuk aja nih.
  • Tulisan Berilmu
Nah yang ini baru siip, bisa memperluas cakrawala *bahasanya ketinggian nih * membuat suatu pengembangan diri bagi para pembacanya. Biasanya tulisan-tulisan sepert ini berisi tentang berbagai pengetahuan umum yang sudah jarang ada perubahannya semacam sejarah hasil karya sastra, novel ataupun yang lainnya lagi. Bisa juga berupa artikel tentang review berbagai penemuan baru para pakar.

Sementara udah dulu yah posting ini serasa terlalu dipaksakan nih, aku jadi binun sendiri. Intinya aku cuma ngajak untuk bertanya seberapa pentingkah tulisan yang telah kita buat itu demi orang lain ? Meski tulisanku sendiri kadang juga ngga' bagus-bagus amat seh.